Jumat, 03 Juni 2011

Fonologi Bahasa indonesia

2.1.   Pengertian Fonologi
 Fonologi adalah ilmu yang mempelajari bunyi bahasa pada umumnya. Fonologi dibagi menjadi dua:
1. Fonetik :  ilmu yang mempelajari bunyi bahasa tanpa memperhatikan fungsinya sebagai pembeda arti
Contoh : bagaimana cara menghasilkan bunyi vokal dan konsonan.
2. Fonemik: : ilmu yang mempelajari bunyi bahasa dalam fungsinya sebagai pembeda arti.
Contoh: pagi dengan padi.
2.2.   Bunyi Bahasa
 -   Kesatuan bunyi bahasa yang terkecil yang membedakan arti disebut fonem
 -   Lambang bunyi disebut huruf.
Alat-alat ucap yang penting untuk menghasilkan bunyi bahasa ialah :
-  udara
-  artikulator
-  artikulasi
Berdasarkan terhalang tidaknya udara dari paru-paru saat pengucapan bunyi ada dua yaitu :
-    vocal        : yaitu jika udara tidak terhalang
-    konsonan : yaitu jika udara terhalang.
2.3.  Fonem Vokal
Vokal yaitu bunyi yang terjadi karena udara yang keluar tidak mendapatkan halangan. 
Bunyi vokal dalam bahasa Indonesia yaitu a,e,I,o,u. Jenis vokal tergantung dengan tiga hal ialah :
-    posisi bibir
-    tinggi rendahnya lidah
-    maju mundurnya lidah
DIFTONG
-   Diftong  ialah dua vokal diucapkan dalam satu desah nafas. Contoh: ai,au,oi : pantai, harimau, amboi.
-   Vokal rangkap : yaitu dua vokal yang berdampingan yang diucapkan secara sempurna.
2.4.   Fonem Konsonan
 Konsonan adalah bunyi ujaran yang keluar dari paru-paru terhalang oleh titik artikulasi. Konsonan    
 dapat dibedakan menjadi 4 macam :
1.   Berdasarkan artikulator dan titik artikulasinya
a.   labial (dua bibir): p, b, m.
b.   labiodental (gigi, atas dan bibir bawah): f, v, w.
c.   apiko dental (ujung lidah antar gigi) t, n, 1, r.
d.  apikol alveolar (lidah lengkung kaki gigi): d, n.
e.   palatal (tengah lidah langit-langit keras): c, j, ny.
f.   Velar (belakang lidah langit-langit lembut) k, g, ng, kh.
g.  Laringal (pita suara terbuka),: h
h.  Hamzah pita suara tertutup:'.
2.   Berdasarkan halangan waktu udara keluar dari paru-paru
a.  frikatif (bunyi geser): f, v, kh.
b.  Likuida (lateral): i,
c.  Konsonan hambat (udara terhambat): b, d, g, j, p, t, c, k.
d.  Spiran (desis): r.
3.   Berdasarkan bergetar tidaknya pita suara
a.   bersuara: bx d, g, v, z, dan sebagainya.
  b.  tak bersuara: p, t,
              c.  k, f, s, sy, dan sebagainya.
 4.  Berdasarkan jalan yang dilalui arus udara
a.   oral (udara melalui rongga mulut): p, b, d, k, v, dsb.
b.   Nasal (udara melalui rongga hidung): m, n, ng, ny.

28 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. assalamu'alikum pak ali

    menurut saya bapak itu berbeda dg bpk& ibu guru yg lainya krn bpk itu orangnya baik kalau memberi tugas mudah tp ada juga yg menggangap tugas bapak itu aneh aneh
    q salut sama bapak yg bisa membuat blogger yg asyik dan menarik serta mencerdaskan siswa saya perwakilan dr kls xi pd2 mau donk diajari bagaimana cara membuat blogger yg mencerdaskan sperti yg bpk punya& bisa di follow oleh bnyak orang

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Baru kali ini pak saya buat tugas pakai bloger. Tap ini semua ada manfaat nya bisa buat tambah pengalaman dan tidak ketinggalan zaman. Emang SMK Raden Umar Said bidang grafika Bisa. I like it.

    وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Nama : M. Rizky pandu afreza
    Kelas : XI pd 2
    No : 32

    BalasHapus
  5. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    waduh.,.,tugasnya sering-sering kaya begini aja ya pak!!!daripada remidi rangkap-rangkap.,lalu teman-teman juga banyak yang protes,soalnya kan belum pernah di terangkan pak..

    M.Miftakhul Huda
    XI PD/063

    BalasHapus
  6. wah pak ali ada-ada aja,, saya baru kali ini remidi pakai bloger,, tapi gak papa ,dari pada remidi rangkap-rangkap,... SMK GRAFIKA BISA

    nama :Anton Hermawan
    kelas:XI PD2/051

    BalasHapus
  7. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    pengertian fonologi diatas sangat membingungkan & susah untuk dipahami & saya kurang paham apa perbedaan dari diftong & vokal rangkap. karena dengan tidak diterangkan langsung saya sulit memahaminya & kata diftong asing bagi saya tdk bisa memahami tapi klau dterangkan scra langsung mungkin saya bisa lebih mengerti tentang apa itu f0nologi.

    Dina aariani
    02
    XI pd 2

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Sebelumnya saya mohon maaf mengganggu waktu bapak.Ketika saya membaca materi yang ada di blog bapak seakan - akan saya mendapatkan ilmu baru.Saat itu pula saya merasa bahwa saya perlu belajar lebih giat lagi.Sehingga,saya perlu menyiapkan cara belajar yang efektif untuk ilmu tersebut.Dengan belajar fonologi ini saya berharap dapat meningkatkan kualitas belajar saya.Dan saya mohon agar pengertian dari fonologi dapat di perluas dengan gambaran - gambaran yang dapat menarik seseorang untuk mempelajarinya.Semoga dengan adanya blog bapak ini, siswa - siswi dapat memperluas wawasan dan menambah ilmu pengetahuannya.
    Amiiiiiiiiiiiin.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.
    Nama : Ulil Abshor
    kelas : XI PD 2
    no : 36

    BalasHapus
  9. assalamualaikum wr.wb
    menurut ana lisi saya warna brosur ketebalan.kita jadikan smk raden umar said sebagai taman langit di masa yang akan datang.berakhlakul karimah.dapat mewujudkan prestasi di bidang grafika sejawa tengah.semoga siswa-siswi penyaki dapat sembuh.
    wassalam mualaikum wr.wb

    ahmad nurur rinza
    XI PD2

    BalasHapus
  10. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Pak.. Kenapa sekolah kita tidak mengadakan rekreasi pak... bapak guru paling is the best.

    Siti zulaikhah
    XI pd 2
    07

    BalasHapus
  11. assalamu'alaikum
    menurut saya remidi seprti ini lbih baik dari pada harus nulis rangkap
    bikin kpala jdi cenat cenut
    wassalam

    irfan maulana
    28
    XI pd 2

    BalasHapus
  12. assalamu'alaikum wr.wb.
    saya masih brelum bgitu fham apa itu fnologi,saya jga tidk faham dengn diftong dan vokal rangkap ,mngkin jka di jlas kan lngsung sa akan lbih fham yang di maksud dngan diftng dan vokal rangkap

    wassaamu'alaikum wr.wb.


    doni widodo
    21
    XI PD 2

    BalasHapus
  13. brosur smk sudah bagus banget warnanya cerah , kreatif dan juga menarik
    smoga dengan brosur tersebut
    smk grafika akan menerima siswa baru amiiiin
    smk bissa................................

    ali mustofa
    15
    XI pd 2

    BalasHapus
  14. pak saya masih belum jelas tentang materi fonologi yang telah bapak sampikan di atas.terimakasih

    NOOR QOSIM
    XI PD2
    33

    BalasHapus
  15. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Pak untuk jenis hasil bunyi bahasa di ulas dalam karya marsono tentang fonetik, terjadi nya bunyi bahasa, alat-alat bicara yang menghasilkan bahasa, fungsi dan cara kerja alat bicara, klasifikasi bunyi bahasa, klasifikasi vokal, konsonan, pengaruh bunyi, dsb.
    Mohon untuk dijelaskan lebih lanjut mengenai jenis hasil bunyi bahasa tersebut.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Anifatun nikmah
    01
    XI pd 2

    BalasHapus
  16. لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    pak ali ridho apa perbedaan argumrntasi dan persuasi serta tidak usah adakan semesteran karena tiddak penting lagi,.,.,. لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    BalasHapus
  17. لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Pak sblmnya sya mnta maaf karna saya terlmbat dalam mengerjkan tugas dari bapak ini,saya ini termsuk ank yg gaptek jadi bpk harap maklum,sblmnya saya minta maaf pak karna saya belum tahu tentang FONOLOGI,saya harap bapak mnerima tugas sya ini,karna ini trmasuk bagian dari UAN jadi saya berharap kepd bpak agar smua nilai anak xi pd 2 diatas KKM…………………………………………….!

    M. ADBDUL HALIM XI PD 2

    لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    BalasHapus
  18. لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Pak maaf tugaasnya terlambat karena saya baru nisa buat nya,,.,.,.
    Tugasnya kapan kapan yang kaya gini ajha yaw.,.,.,

    Angga hermawan
    Xi pd
    No absen 16
    لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Assalamuaalaikum wr.wb......
    Setelah saya membaca pengertian fonologi diatas saya kurang mengerti apa yang di maksud dengan vokal dua rangkap??????????

    dan cara membacanya bagaimana dan berikan contohnya pak....
    waalaikumsalam wr.wb.........


    Evina Megiastuti
    XI PD II/05

    BalasHapus
  21. assalamu'alaikum Wr. Wb.
    maaf pak saya bikin nya terlambat, karena baru bisa buat, dan saya belum bisa memahami pengertian tentang fonologi,artikulasi,artikulator,vokal,diftung. mohon dijelasin ya pak?
    sering-sering dengan bikin tugas kaya gini kan jadi seru dan menambah wawasan.
    wassalamu'alaikum Wr. Wb.

    noor istianah
    XI pd 2
    06

    BalasHapus
  22. assalamu'alikum.....

    Setelah saya membaca rangkuman materi diatas tentang fonologi, saya sudah mengerti maksud itu semua. Tapi yang masih belum saya ketahui yaitu tentang perbedaan Fonetik dan Fonemik. Dan saya mempunyai pendapat tersendiri apa itu yang dimaksud dengan Fonem, yaitu Bunyi bahasa yang membedakan arti.

    EVA LESTARI.W.
    XI Pd2
    04
    Mungkin lain waktu pak Ali bisa kan memberi penjelasan yang lebih banyak tentang Fonologi?

    Dan masih ada banyak yang belum saya ketahui tentang macam-macam Fonetik, dan istilah-istilah lain yang terdapat pada Fonologi.

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum Wr.Wb

    Setelah saya membaca materi tentang fonologi,ada beberapa pengertian yang belum saya mengerti pak, karena tidak dijelaskan secara langsung oleh bapak,saya ingin menanyakan tentang apakah yang dimaksud dengan Frikatif,Likuida,konsonan hambat dan Spiran.mohon untuk dijelaskan pak.
    Terimakasih,,,,,

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb


    ,Eti Jayanti
    ,XI PD 2
    ,03

    BalasHapus
  24. assalamu'alaikum wr.wb

    pak ali. . . ??
    saya belum mengerti beberapa pengertian diatas pak,saya juga belum bisa memahami apa itu fonologi,artikulator,artikulasi,vokal dan diftong...
    lain waktu diterangin pak..??..biar saya bisa mengerti ,.
    terimakasih pak......
    Wassalamu'alaikum wr.wb


    .ahmad syafi'i
    .XI PD 2
    .14

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum wr wb.
    Tentang pengertian dan penjelasan diatas ada kata yang kurang saya pahami,seperti: Konsonan,artikulator,artikulasi,spiral.
    Saya pernah membaca buku tentang fonologi.
    Dalam buku itu tertulis fonolagi adalah ilmu tentang perbendaharaan fonem sebuah bahasa dan distribusinya.
    Fornologi mempunyai dua cabang kajian:
    1. fonetik
    2. fonemik
    wassalamm....

    Nama:ZULFA SAIDAH
    Kelas:XI PD2

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum Wr Wb

    Setelah saya membaca bacaan tersebut,saya mengerti tentang pengertian-pengertian yang sebelumnya saya tidak mengerti.Seperti pengertian tentang FONOLOGI.
    Saya rasa bacaan diatas sudah cukup lengkap,Tapi ada beberapa pengertian yang sulit saya pahami.
    Apabila ada kata-kata yang menyinggung hati bapak saya mohon maaf.
    Wassalamualaikum Wr Wb

    NAMA :FARISCA IRUL A
    KELAS :XI PD II
    NO : 23

    BalasHapus
  27. assalamu'alaikum wr wb

    setelah saya membaca materi dr bapak yg telah bapak tuliskan di blogger bapak,itu menambah pengetahuan saya.materi tentang fonologi
    tp dr bacaan di atas ada yg blm saya pahami pak.seperti:konsonan,artikulaor,dan diftong,spiran
    kalau sya boleh usul kpd bapak kalau bapak mengajar di kelas jgn cepat2 pak dan jgn juga bnyak bercanda,jadinya kami ketinggalan materi dr kelas2 lain
    menurut saya materi yang bapak buat di blogger lebih baik di beri gambar yg menarik n mendidik supaya murid2 lebih suka mempelajari materi yg ada di blogger bapak

    wassalamu'alikum wr.wb

    nama : fitrian adi wiranto
    kelas : XI pd2
    no abs : 25

    BalasHapus
  28. sebelunya saya minta maaf yg sebesar besarnya pak kalau saya terlambat membuat tugas remidi bapak.
    sebetulnya saya sudah membuat komentar ke bapak, namun saya lupa menulis nama saya di pos komentar bapak.
    sekali lg saya minta maaf pak.............????

    fitrian adi wiranto
    XI PD2
    25

    BalasHapus